Mencoba BOLT! Max Mobile Wifi

Awal oktober ini saya dan istri memutuskan membeli modem BOLT! untuk koneksi internet di rumah, lebih tepatnya Mobile Wifi. Mulanya saya agak ragu untuk memakai provider BOLT!, mengingat banyak testimoni buruk dan keluhan teman-teman di media sosial. Tapi ketika istri nanya ke temannya sekantor yang rumahnya tak jauh dari tempat tinggal kami, testimoni tentang koneksinya bagus. Baiklah, akhirnya kami beli juga modem itu.

Pembelian
Mencari BOLT! Max Mobile Wifi ini termasuk susah-susah gampang. Awalnya saya cari di toko komputer daerah komplek Central Park, ternyata stoknya lagi kosong. Padahal di toko tersebut terkenal dengan harganya yang paling murah se Jakarta. Lalu saya cari di toko komputer sekitaran Binus syahdan, ada sih stoknya tapi yang versi Slim dan harganya pun lebih mahal RP.150.000 dari harga normal. Saya coba cari di kaskus, kebanyakan harganya juga sudah selisih banyak dari harga normal. Akhirnya saya dapat info bahwa stand resmi BOLT! salah satunya ada di Giant dekat tempat tinggal kami di Bintaro. Saya dan istri pun menuju ke sana, stand nya ada di lantai 2. Alhamdulillah, akhirnya kami bisa menebus BOLT! Max Mobile Wifi nya seharga Rp.449.000, harga normal ini :D. Penjaga stand nya langsung melakukan aktivasi modem dengan meminta kartu identitas/KTP dari saya. Oh iya, sekedar info tiap kali kita beli modem ini akan diminta kartu identitasnya untuk aktivasi di tempat. Tiap orang hanya dibolehkan membeli 2 buah Modem. Analisa saya sih, hal ini karena tingginya permintaan modem BOLT! sehingga harus dikendalikan jumlah penggunanya agar tidak mengganggu kestabilan koneksi internet.

Spesifikasi
Secara umum, desain BOLT! Mobile Wifi versi Max ini hampir sama dengan yang versi Slim. Beda nya adalah versi Max ini bentuknya lebih tebal, karena menggunakan baterai yang lebih besar pula. Kapasitas baterainya pun juga lebih besar, yaitu 3560 mAH dibandingkan versi Slim yang hanya 1780 mAH. Lebih lengkap mengenai perbandingan versi Max dengan versi Slim, silakan menuju ke sini. Satu hal yang saya suka dari Mobile Wifi dari BOLT! ini adalah adanya layar LCD TFT untuk antarmuka pengguna. Tampilan layarnya sangat ringkas, tapi cukup memberikan infomasi yang akurat tentang kekuatan sinyal 4G, jumlah pengguna yang terhubung, kuota data yang terpakai, dan kapasitas baterai. Tiap perangkat BOLT! Mobile Wifi ini dapat digunakan sampai 10 pengguna secara bersamaan.

Pengujian Koneksi
Pihak Internux (perusahaan provider BOLT) mengklaim bahwa kecepatan koneksi BOLT! Mobile Wifi ini bisa mencapai 72 MBps atau 10x lebih cepat dari operator lain. Oke, itu kondisi idealnya. Faktanya banyak terjadi penurunan kecepatan koneksi yang disebabkan beberapa faktor. Posisi tempat tinggal saya di Bintaro, yang menurut data dari situs BOLT! masih berada di cakupan jaringan koneksinya. Saya coba menghubungkan 4 perangkat secara bersamaan, yaitu 2 laptop dan 2 smartphone menggunakan Mobile Wifi BOLT ini. Tiap perangkat melakukan tugas berbeda, 1 laptop untuk browsing, 1 laptop untuk download, dan 2 smartphone untuk akses media sosial. Saya menguji koneksinya dengan aplikasi web di www.bandwidthplace.com dan hasilnya seperti berikut :

Test_Bolt_Bandwidthplace

Berdasarkan hasil uji koneksi di atas, kecepatan downloadnya hanya 18,39 Mbps dan kecepatan uploadnya 3,95 Mbps. Sesuai jawaban pertanyaan di FAQ, kecepatan ini adalah dalam skala komersial, yaitu 20 – 30 Mbps. Lalu saya mencoba hanya menghubungkan 1 perangkat laptop saja yang menggunakan BOLT!, ternyata hasilnya tidak jauh berbeda. Mungkin saat uji koneksi ini sedang banyak pengguna di tempat lain yang memakai layanan BOLT!. Oh iya, sengaja saya memilih menggunakan aplikasi web dari bandwidthplace.com ini karena User Interface nya sangat ringkas, jelas, dan mudah dibaca. Anda bisa menggunakan aplikasi lainnya seperti www.speedtest.net untuk uji koneksi.

Kesimpulan
Perangkat BOLT! Mobile Wifi ini lumayan bagus dan cocok untuk pengguna yang ingin menggunakan internet di rumah atau kantor skala kecil. Tetapi kita juga harus memperhatikan cakupan areanya, karena tiap wilayah kekuatan sinyal 4G nya berbeda-beda. Untuk investasi bisnis skala kecil, saya merekomendasikan perangkat ini 🙂

About

I'm not a geek, nor a techie

Posted in Daily
10 comments on “Mencoba BOLT! Max Mobile Wifi
  1. ryan_oke says:

    Bisa diisi kartu SIM operator telko yang lain?

  2. Juius says:

    Saya punya slim, gak bisa untuk im3 dan untuk browsing gak bisa menggunakan ie, firefox, opera, hanya bisa pake baidu, gak tahu salahnya dimana nih

  3. sangprabo says:

    Punya ane pake paketan yang 150rb per 2 bulan (mendapatkan quota 10+12GB). Selama ini pasti quota selalu habis duluan sebelum 2 bulan, jadi ingin pindah ke paket yang pake kartu kredit 150ribu per bulan dapet 20GB (sebenarnya kuota unlimited, setelah 20GB speed turun) dan bonus perangkat gratis asal langganan setahun (12 bulan).

    Kira-kira keputusan ganti perangkat bagus nggak ya?

    • astonix says:

      Tawaran perangkat gratis & paketnya boleh juga tuh Mas Bowo, saya malah baru tau :D. Kalau menurut saya sih mending pakai yg unlimited, meskipun di akhir bulan kecepatannya turun tapi koneksi rata2 stabil kok.
      Selama perangkat yg diganti speknya sama sih ambil aja Mas, yg lama dijual juga banyak yg nyari tuh.

    • Ady Indelove says:

      saya jual yang unlimited pak untuk bolt max per bulan hanya 70ribu sampai 125 sja.. kuota dipakai sampai 10ribu Giga oleh orang warnet masih yahud aja tuh.. kalo kuota segitu gak cukup pak mnurut saya

  4. Walidin says:

    Mahal juga ya modem bolt sekarang, saya pakai model lama dulu pas pertama-pertama bolt pomosi, sekitar 250 rb kalau ga salah.
    Tp dengan harga segitu bisa koneksi internet kenceng mah.. ga masalah lah ya..

Leave a Reply

