Ide Sebuah Produk

Sehari-hari saya naik motor pulang pergi dari rumah ke kantor. Beberapa waktu yang lalu saya pulang kerja dalam kondisi hujan, niat menembus hujan saya tetap nekat pulang dengan memakai mantel hujan. Selama perjalanan pulang, tangan saya seringkali mengusap kaca helm full face yang saya kenakan untuk membersihkan air hujan yang menghalangi pandangan. Hal ini sungguh mengganggu bagi pemotor seperti saya, apalagi kondisi hujan yang membutuhkan konsentrasi lebih. Sempat berpikir, Andai saja ada helm yang dilengkapi dengan wiper pasti lebih nyaman di jalan. Asik sepertinya kalau helm ada wiper otomatisnya, jadi saat hujan pun kaca helm bisa selalu bersih dan pandangan tetap bisa fokus ke jalan. Wiper bisa diatur sapuannya secara otomatis, atau bisa mendeteksi dengan sensor air hujan di kaca helm. Dengan begitu kan kita sebagai pengendara motor tidak perlu repot sering mengusapkan tangan di kaca helm.

Setelah iseng menelusuri web, ternyata sudah ada produk wiper portabel dengan merk Haihao dari Taiwan.  Padahal sempat kepikiran kalaupun belum ada di pasaran,  mau merancang sendiri wiper helm nya untuk dijadikan produk. Keunikan wiper dari Haihao ini adalah sapuannya bisa diatur dari remote control yang diletakkan di stang motor atau di lengan kita, bisa 25 kali/menit, 15 kali/menit, atau hanya akan bergerak jika tombolnya dipencet saja.

Berbicara tentang helm, ada produk lain yang masih berkaitan yaitu Skully AR-1. Skully adalah sebuah helm cerdas yang memiliki beragam fitur canggih. Fitur yang dimilikinya antara lain Head-Up Display (HUD) yang bisa menampilkan keterangan penting jalanan yang dilalui, dan notifikasi panggilan telepon berupa tampilan transparan di kaca helm. Rear-camera 180′, merupakan kamera belakang helm yang berfungsi memberikan pandangan belakang seluas 180 derajat agar pengguna bisa mengetahui keadaan di belakangnya. Global Positioning System (GPS), membantu memberikan informasi jalan yang dilalui, bisa berfungsi ketika online maupun offline.

Sebenarnya dari dulu saya tertarik dengan pengembangan produk teknologi yang berkaitan dengan motor. Salah satu yang pernah terpikirkan adalah Kotak Hitam (BlackBox) untuk motor. Bayangkan jika motor kita memiliki sebuah perangkat yang mampu merekam kondisi motor, kondisi jalanan yang dilalui, sampai kondisi cara kita mengendarai motor. Pasti perangkat ini sangat membantu pengguna dalam merawat motornya, karena sudah mengetahui “kesehatan” motor mulai dari mesin sampai suku cadang yang mendukung. Pihak bengkel motor juga dimudahkan, sebelum motor diservis bisa dilakukan diagnosa dulu komponen motor mana yang abnormal. Atau jika dalam kondisi kecelakaan yang melibatkan orang lain, kita bisa mempelajari kotak hitam motor nya untuk mengetahui kronologis kecelakaannya. Keren bukan? 😀

Sampai saat ini ide tersebut masih belum saya eksekusi karena berbagai alasan.
Ada yang tertarik untuk mengeksekusinya?

Advertisements
About

I'm not a geek, nor a techie

Posted in Entrepreneurship

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: