Kanvas Model Bisnis

Setiap ide bisnis yang akan kita eksekusi haruslah direncanakan dengan matang terlebih dahulu, salah satunya adalah dengan membuat Model Bisnis. Banyak metode dalam merencanakan model bisnis, mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks, dari yang teoritis sampai yang praktis. Bagi pemula, metode perencanaan yang sederhana dan praktis adalah sebuah pilihan tepat. Metode praktis dalam perencanaan model bisnis adalah dengan membuat Kanvas Model Bisnis. Secara definisi, Kanvas Model Bisnis adalah perkakas strategi manajemen dan kewirausahaan untuk menggambarkan, mendesain, menantang, menemukan, dan mempercepat suatu model bisnis. Kanvas ini terdiri dari 9 blok yang masing-masing mewakili komponen  :

1. Customer Segment (CS)

Blok segmen pelanggan ini menggambarkan sekelompok orang atau organisasi berbeda yang ingin dijangkau/dilayani perusahaan. Blok ini mewakili pasar, pengguna, atau konsumen potensial.

2. Value Proposition (VP)

Blok proposisi nilai menggambarkan gabungan antara produk dan layanan yang menciptakan layanan untuk segmen pelanggan spesifik. Blok ini mewakili barang/jasa yang ingin kita tawarkan kepada konsumen.

3. Channels (CH)

Blok saluran menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan berkomunikasi dengan segmen pelanggannya, dan menjangkau mereka untuk memberikan proposisi nilai. Blok ini mewakili cara perusahaan mengantarkan barang/jasa untuk sampai ke tangan konsumen.

4.  Customer Relationship (CR)

Blok hubungan pelanggan menggambarkan berbagai jenis hubungan yang dibangun perusahaan bersama segmen pelanggan yang spesifik. Blok ini mewakili cara perusahaan berkomunikasi efektif dengan konsumen.

5. Revenue Streams (R$)

Blok arus pendapatan menggambarkan uang tunai yang dihasilkan perusahaan dari masing-masing segmen pelanggan. Blok ini mewakili komponen bisnis yang dapat menghasilkan pemasukan bagi perusahaan.

6. Key Resources (KR)

Blok sumber daya utama menggambarkan aset-aset terpenting yang diperlukan agar sebuah model bisnis dapat berfungsi. Blok ini mewakili hal-hal yang dimiliki perusahaan, misal : peralatan riset, server, insinyur, akuntan, dll.

7. Key Activities (KA)

Blok aktivitas kunci menggambarkan hal-hal terpenting yang harus dilakukan perusahaan agar model bisnisnya dapat bekerja. Blok ini mewakili aktivitas yang dilakukan perusahaan dalam menghasilkan barang/jasa.

8. Key Partnership (KP)

Blok kemitraan utama menggambarkan jaringan pemasok dan mitra yang membuat model bisnis dapat bekerja. Blok ini mewakili organisasi/perusahaan lain yang bekerja sama untuk mendukung perusahaan dalam menghasilkan barang/jasa.

9. Cost Structure (C$)

Blok struktur biaya menggambarkan semua biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan model bisnis. Blok ini mewakili semua hal yang menjadi beban biaya dalam operasional perusahaan.

Untuk implementasi Kanvas Model Bisnis ini lebih jelasnya bisa kita lihat dalam video singkat berikut :

Kita bisa melakukan perencanaan model bisnis sendiri dengan membuat Kanvas Model Bisnis dengan sebuah karton atau whiteboard yang sudah dibagi menjadi 9 blok, lalu untuk menuangkan ide-ide nya kita bisa menggunakan kertas Post-it yang kemudian ditempel pada kanvas tersebut. Untuk skema pembagian bloknya, bisa kita lihat contoh pada Kanvas Model Bisnis yang bisa didapatkan di sini. Dalam menuangkan ide di Post-it, lakukan dengan anggota tim yang memiliki latar belakang ilmu yang berbeda agar dapat menghasilkan banyak alternatif model bisnis. Semakin banyak alternatif model bisnis nya, maka semakin bagus. Lalu dari semua alternatif yang sudah dibuat, seleksi lah model bisnis nya menjadi 3 atau 2 saja, ambil yang paling realistis. Diskusikan dengan anggota tim mana model bisnis yang terbaik untuk usaha anda.

Atau jika kita ingin berkolaborasi dengan tim yang terpisah jarak, bisa kita gunakan Kanvas Model Bisnis secara online di https://strategyzer.com/app Aplikasi ini berbayar, tapi menurut saya sangat membantu merencanakan model bisnis dengan tim kita yang posisinya tersebar.

Untuk referensi lain jika kita ingin mengupas lebih dalam lagi tentang Kanvas Model Bisnis, silakan kunjungi http://www.businessmodelgeneration.com/

Sumber : “Business Model Generation” oleh Alexander Osterwalder & Yves Pigneur.

Advertisements
About

I'm not a geek, nor a techie

Posted in Entrepreneurship

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: