Teknologi Tren Sesaat ?

Selama tahun 2013 ini saya sedang mengamati dan mengikuti perkembangan teknologi, terutama yang berkaitan dengan embedded systems yang kalau dipikir-pikir mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kehadiran papan pengembangan (Dev Board) yang bervariasi, kit Arduino, Printer 3D, dan platform “Internet of Things” memungkinkan semua orang bisa bereksperimen sendiri mengembangkan perangkat baru. Semua bisa didapatkan dengan mudah dan harga yang terjangkau. Hal tersebut masih didukung lagi dengan adanya situs crowdfunding yang memudahkan kita mencari dana untuk memproduksi perangkat buatan kita sendiri, seperti Kickstarter.

Begitu mudahnya para hobies, pelajar, mahasiswa, dan bahkan pemula pun bisa mengutak-atik teknologi yang 3 tahun lalu masih dianggap hal yang sangat asing. Adanya komunitas dan forum diskusi baru pun bermunculan untuk memfasilitasi para hobies elektronik.

Tetapi, hal yang saya khawatirkan adalah seberapa lama kondisi tersebut bisa bertahan? Apakah semua itu hanya strategi pemasaran sesaat saja untuk meningkatkan penjualan produk? Kekhawatiran saya bukan tanpa alasan, ambil saja contoh di dunia IT : Cloud Computing. Dua tahun lalu cloud computing begitu nge-hype, pemberitaan di media sangat gencar. Namun setelah setahun belakangan, teknologi tersebut nampak biasa-biasa saja.

Jika ingin suatu teknologi baru bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama, hal yang paling penting adalah menjaga ekosistem pengguna. Nah, dalam kasus di atas  menurut saya ekosistem pengguna nya masih sebatas buzz word / hype sesaat.

Kita lihat saja perkembangannya beberapa tahun ke depan 😉

Advertisements
About

I'm not a geek, nor a techie

Posted in Idea and Thought

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: