Tentang Sebuah Merek

Dalam bisnis, merek memegang peranan yang sangat vital. Merek memiliki ciri khusus yang berfungsi sebagai pembeda dengan produk lain sehingga bisa dikenal oleh konsumen. Untuk itu ketika kita membuat sebuah produk/jasa dalam suatu bisnis haruslah dipikirkan dengan matang mengenai penamaannya. Hal ini seringkali diabaikan oleh pengusaha, padahal jika suatu produk/jasa tersebut memiliki nama unik dan mudah diingat maka akan mendapat perhatian oleh konsumen. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengusaha untuk memberi nama merek produk/jasa agar tidak terjadi konflik di kemudian hari:
-Apakah merek tersebut digunakan untuk barang dan/jasa yang sejenis dan apakah sudah didaftarkan di Indonesia?
-Apakah merek tersebut memiliki kemiripan logo?
-Apakah merek tersebut bisa menyesatkan konsumen dengan mengira bahwa kedua produk atau jasa tersebut berasal dari produsen yang sama?
-Apakah merek yang digunakan berasal dari kata temuan atau kata yang umum?

Kita bisa belajar dari beberapa kasus perusahaan besar tentang konflik bisnis dikarenakan sebuah merek. Berita yang relevan di dunia teknologi datang dari Motorola, produsen perangkat bergerak ini meluncurkan produk tabletnya yang diberi merek Motorola Xoom. Ternyata nama “Xoom” sudah digunakan oleh perusahaan lain bidang pelayanan transfer uang online internasional. Perusahaan Xoom ini menggugat Motorola dikarenakan merek tablet Motorola Xoom bisa membingungkan konsumen. Berita selengkapnya silakan baca di sini.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah memiliki badan untuk melindungi Merek dan Hak Atas Kekayaan Intelektual, yaitu melalui Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual yang berada di bawah Kementerian Hukum dan HAM RI. Jika kita ingin menelusuri merek apa saja yang sudah terdaftar, bisa melalui fasilitas : http://merek-indonesia.dgip.go.id/

Sayangnya data yang terdapat di fasilitas tersebut belum diperbarui, jadi bagi yang ingin melakukan penelusuran merek agar tidak terjadi konflik di kemudian hari lebih jelasnya bisa menghubungi konsultan HAKI yang terpercaya.

Advertisements
About

I'm not a geek, nor a techie

Posted in Entrepreneurship

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: