Fokus dan Konsisten

Saat kita memiliki cita-cita, keinginan, target kerja, atau apapun itu seringkali mudah terganggu oleh hal lain. Padahal ketika sudah terganggu atau terpalingkan dari perhatian utama, maka waktu kita jadi terbuang dan untuk kembali fokus lagi membutuhkan proses dari awal. Hal lain yang mengganggu itu terkadang merupakan sesuatu yang menyenangkan. Misalnya ketika kita bekerja menggunakan perangkat komputer, dan mengharuskan terhubung ke internet. Kita tidak hanya mengerjakan pekerjaan utama, melainkan diselingi dengan aktifitas lain seperti menjelajah dunia maya, chatting, atau berkicau di media sosial. Nah, hal yang memalingkan kita dari fokus utama pada kasus tersebut adalah hal yang menyenangkan. Tetapi berdampak negatif pada produktivitas kerja, yang akhirnya mempengaruhi hasil sehingga tidak maksimal.

Ambil contoh lagi dalam hal profesi. Ketika kita ingin menjadi ahli pada bidang tertentu yang kita sukai dan yakin akan hal tersebut, terkadang terlintas dalam pikiran kita ada bidang lain yang juga menarik yang ternyata banyak orang telah menggelutinya dan terbukti menghasilkan kesuksesan besar. Saat itulah fokus cita-cita kita diuji, ingin melanjutkan mimpi atau mengikuti arus saja? Pada kasus ini, sebenarnya relatif kepada kompetensi orang yang menekuni bidang yang dia yakini. Kalau dia tipe pembelajar cepat, inovatif, dan mau mewujudkan mimpinya maka orang dengan tipe ini akan lebih dekat dengan keberhasilan cita-citanya. Berbeda dengan tipe sebaliknya, dia akan mudah putus asa dan terombang ambing dengan arus perubahan, kemudian lupa akan mimpi yang diyakininya. Kunci dalam kasus ini adalah FOKUS pada cita-cita awal.

Satu hal yang tidak kalah penting adalah konsistensi. Konsisten, kata yang sering kita dengar namun ternyata sulit untuk melakukannya. Saat kita sudah fokus pada mimpi dan cita-cita lalu berusaha mewujudkannya, maka kita perlu untuk tetap mempertahankan semangat dan usaha tersebut. Hal inilah yang disebut dengan konsisten. Berpegang teguh pada prinsip, tanpa mudah terpalingkan dengan pemikiran kebanyakan orang.

Jadi, apakah Anda tetap fokus dan konsisten?

Advertisements
About

I'm not a geek, nor a techie

Tagged with:
Posted in Idea and Thought
2 comments on “Fokus dan Konsisten
  1. Raihlah setiap cita-cita itu dengan bermartabat. Reach your dreams with dignity !! dan salah satu ciri utama dalam meraih cita-cita dengan cara bermartabat adalah dengan KEJUJURAN. Kejujuran adalah salah satu nilai penting yang harus terus dibawa dalam setiap tindakan yang akan diambil oleh seseorang yang bermartabat. Ia adalah cahaya penerang bagi jiwa, dan pembuka pintu bagi kebaikan lain untuk menghampar sepanjang perjalanan. Bisa saja atau seringkali kita rasakan bahwa kejujuran itu pahit, tidak enak, dan terkadang menyakitkan ! Namun yakinlah, sikap jujur pada diri sendiri, pada Allah, pada lingkungan benar-benar akan membawa kita dalam dunia yang lebih baik dan bermartabat !

  2. […] ilmiah, presentasi yang bagus, mengabarkan hal yang penting. 3. Single-tasking, tetaplah bekerja fokus pada satu hal sampai pekerjaan selesai. 4. Luangkan waktu sejenak untuk terputus dengan alat komunikasi apapun. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: