Laptop Bermasalah, Proyek pun Tertunda

Pernah mengalami laptop yang rewel ketika sedang ada target proyek atau pekerjaan yang harus dikejar?
Atau mati gaya dan tidak tahu mau ngapain saat tidak ada laptop?

Saya baru saja mengalaminya, 10 hari yang lalu laptop saya mengalami kerusakan lebih tepatnya di bagian mainboard. Maklum, umur laptop saya sudah 4 tahun lebih dan banyak sejarah yang sudah pernah dilaluinya. Laptop saya berprosesor AMD Turion X2 64, dengan kartu grafis dari ATi tentunya. Gejala kerusakannya adalah ketika laptop dihidupkan dan lampu power menyala, tetapi tidak sampai inisialisasi BIOS. Proses berhenti begitu saja dengan layar gelap dan indikator LED power menyala lalu LED Capslock berkedip-kedip. Awalnya saya mengira bahwa penyebabnya ada pada modul RAM nya. Saya coba melepas batere, membuka penutup modul RAM laptop, lalu saya lepas satu persatu 2 keping RAM nya untuk dibersihkan pinnya dengan karet penghapus. Setelah itu saya pasang lagi kedua modul RAM tersebut, dan mencoba menghidupkannya kembali. Ternyata hasilnya nihil, sistem tidak mau inisialisasi dan layar masih gelap.

Kekhawatiran saya mulai muncul, perkiraan kerusakan ada pada mainboard. Beberapa teman yang pernah mengalaminya bilang kalau sudah kena mainboard, biaya perbaikannya bisa sama dengan beli baru. Akhirnya saya memutuskan untuk dilakukan perbaikan di toko komputer yang terletak di kawasan Harco Mangga Dua. Pemilik toko menyarankan untuk ditinggal saja karena teknisinya sedang libur, kebetulan hari itu memang hari minggu. Ternyata perbaikannya tidak memakan waktu lama, dalam 3 hari saya diberi tahu bahwa perbaikan laptopnya sudah selesai. Saya pun mengambilnya saat hari libur. Karyawan di situ bilang kerusakan mainboardnya ada di bagian IC, tapi tidak spesifik bagian mananya. Sayang sekali teknisinya sedang libur, padahal saya masih penasaran komponen IC yang diganti itu namanya apa? Katanya sih bukan Northbridge atau Southbridge. Mungkinkah bagian regulator daya? atau IC pendukung BIOS? entahlah, bagi saya yang penting kerusakannya tidak separah yang diperkirakan.

Bayangkan saja ketika ada pekerjaan yang harus diselesaikan menggunakan bantuan komputasi, tapi ternyata perangkatnya rusak. Melakukan desain perancangan dan simulasi tentu tidak bisa sembarangan bukan, apalagi dilakukan secara manual. Apa boleh buat, selama 10 hari itu saya cuma bisa baca manual book di datasheet sambil mencari referensi di web terkait proyek saya. Tentu saja dengan komputer desktop di kantor :D. Baiklah, sepertinya saya bisa melanjutkan proyek yang tertunda selama 10 hari belakangan ini.

Untuk tim saya, selamat berkarya!

*Update : Sebulan setelah ini, laptopnya mengalami kejadian yang sama. Saya masukkan ke tempat perbaikan laptop yang berbeda. Info dari teknisi bilang bahwa yang rusak bagian IC VGA nya. Untuk laptop berprosesor AMD, sangat sering mengalami kejadian seperti ini.

About

I'm not a geek, nor a techie

Posted in Daily
4 comments on “Laptop Bermasalah, Proyek pun Tertunda
  1. stwn says:

    Ingat, ingat, gunakan peralatan kantor untuk pekerjaan kantor 😀

  2. Julio Wells says:

    Mas anto…sori nih ngerepotin saya udah pake am300 lumayan lama lewat jalur usb. kemudian saya ada access point smc2655w supaya laptop saya bisa konek internet juga. Maka saya sambunglah AP itu lewat jalur ethernet k modem. Yang mengherankan (setidaknya untuk saya), pc yang via usb baik2 saja untuk browsing ke internet, tapi laptop saya (dan saya sempat coba laptop temen) tidak bisa akses ke internet walaupun bisa akses ke folder yang dishare di pc saya.

  3. Soal deskripsi: Laptop menyala dan berjalan dengan benar, tetapi setelah beberapa saat langsung hang atau mati tanpa peringatan apapun. Ketika itu terjadi, laptop terasa panas di bagian bawah. Juga, kipas pendingin bekerja lebih keras dari biasanya.

Leave a Reply

