Bijak Menggunakan Layanan Berbasis Web

Saat ini hampir setiap orang yang mengakses internet memiliki akun dalam sebuah layanan berbasis web. Entah itu untuk email, media sosial, penyimpanan online, berbagi foto, atau menulis blog. Masing-masing layanan memiliki fungsi khusus dan aturan tersendiri. Dalam menggunakannya semestinya kita juga harus bijaksana, apakah memang benar-benar perlu memakai layanan itu.

Terkadang kita memakai layanan web hanya karena ikut-ikutan, tanpa tahu fungsi sebenarnya untuk apa. Biasanya hal ini terjadi karena ketidaktahuan seseorang tentang informasi yang benar, hanya mengandalkan “Yang penting kan gue udah punya, bro!” atau “Pake ini dong biar gaul kayak kita-kita”. Kejadian seperti ini sangat banyak terjadi di negara ini, yang mayoritas pengguna internetnya adalah abege atau sebut saja 4L4yers.

Saya akan menyoroti beberapa hal yang penting saja :

Situs Media Sosial
Ada banyak layanan untuk media sosial: Twitter, Google+, Facebook, Plurk, dan masih banyak lagi layanan lain dari luar negeri maupun lokal. Nah, pertanyaannya: Dari sekian banyak media sosial tersebut apakah kita perlu memiliki akun di semua layanan? Apakah fungsi layanannya sudah digunakan dengan benar? Sesering apakah kita menggunakan layanannya? Memang sih media sosial bisa menghubungkan orang-orang yang jauh menjadi dekat, tapi bisa juga membuat orang yang dekat menjadi jauh. Intinya, apapun layanan media sosial yang digunakan, pada akhirnya kegiatan temu darat atau bertatap muka langsung akan lebih efektif dan lebih bisa mengenal relasi kita. Kita cermati di bagian lain yaitu penggunanya. Berdasarkan data tahun 2012, Indonesia merupakan pengguna Twitter terbesar nomor 5 di dunia, dengan mayoritas pengguna adalah abege. Para abege inilah yang berperan besar menjadikan Trending Topic di Twitter dengan kata-kata 4L4y. Kalau kita lihat tweet nya memang berisi tentang hal yang tidak penting, dari mulai membicarakan diri sendiri sampai mengumbar aib orang lain. Tapi mau bagaimana lagi? seperti itulah abege di Indonesia, suka atau tidak ya diterima saja :D.

Situs Berbagi Foto
Termasuk dalam hal ini adalah Picasa, Flickr, dan Instagram. Orang indonesia itu paling suka narsis, terutama para cewek (ini kenyataan lho ya, bukan menghakimi), dengan sifat alamiah seperti ini maka pasar pengguna di indonesia termasuk tinggi untuk ketiga layanan tersebut. Tiap kegiatan apa saja, pasti difoto dulu lalu disebar ke media sosial. Mau makan, difoto makanannya dulu lalu disebar biar kelihatan keren gitu bisa makan enak :D. Eh iya, berbicara tentang ini ada berita terbaru yang sangat menarik tentang Instagram. Berita tersebut berisi tentang kebijakan dari sebuah restoran yang melarang pengunjung memfoto makanan untuk disebarkan lewat Instagram. Bagi sebagian orang, hal ini memang agak mengagetkan. Tapi memang kebijakan restoran tersebut saya rasa sangat tepat, karena bisa saja saat pengunjung satu melakukan pengambilan foto tetapi malah membuat pengunjung yang lain dalam satu meja merasa terganggu. Meskipun saya tidak memiliki akun di Instagram, saya mendukung jika suatu saat Instagram mengeluarkan kebijakan tentang larangan berbagi foto makanan, sangat setuju! Oups, yang ini pendapat subyektif.

Situs Berbagi Lokasi
Contoh dalam hal ini adalah Foursquare, dan situs media sosial yang memiliki fitur geo lokasi. Sah-sah saja sih berbagi lokasi dengan teman dengan tujuan untuk memberikan informasi tertentu. Tapi jika hal itu lalu dijadikan kebiasaan untuk sesuatu yang tidak ada tujuannya, sekedar numpang eksis atau narsis saja sih lebih baik jangan. Sadarkah anda jika dengan berbagi lokasi di media sosial maka hal apapun bisa terjadi pada diri anda? Katakanlah ada seseorang yang berniat jahat kepada anda, lalu memata-matai keberadaan anda dan akhirnya bisa menemukan dimana posisi anda saat itu dikarenakan kesalahan anda sendiri? Bisa fatal kan akibatnya.

Kesimpulannya apapun jenis layanan web yang kita gunakan sehari-hari, maka gunakanlah sesuai fungsinya. Jangan lupa juga untuk mengetahui (membaca) kebijakan privasi dan persyaratan layanan di masing-masing situs.

Advertisements
About

I'm not a geek, nor a techie

Posted in Idea and Thought
2 comments on “Bijak Menggunakan Layanan Berbasis Web
  1. […] mention twitter, atau jejaring sosial yang sekiranya dapat mengganggu aktifitas. 5. Cobalah untuk bijak menggunakan layanan web. Pilih satu saja jejaring sosial yang benar-benar dibutuhkan, gunakan satu akun email untuk […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: