Ulasan Konferensi BlankOn Linux ke-4 (BlanKonf #4)

Bertempat di CICO Resort, Cimahpar – Bogor pada tanggal 1 – 2 Desember 2012, Tim Pengembang BlankOn Linux dan Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, BlankOn Jakarta, Komunitas BlankOn Bekasi dan KPLI-Bogor mengadakan Konferensi BlankOn Linux ke-4 (BlanKonf #4) dengan tema “Revolusi Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia”. Konferensi ini meliputi penyajian presentasi, diskusi, dan lokakarya teknis seputar penggunaan, pengembangan, dan bisnis BlankOn Linux.

Acara pada konferensi ini secara umum terdiri dari 2 sesi utama, yaitu sesi Seminar dan sesi Lokakarya. Seminar diadakan pada awal acara pukul 09.00-10.00 WIB yang diisi oleh pembicara dari pengembang BlankOn Linux, Kemkominfo, dunia pendidikan maupun dari kalangan bisnis dengan tema umum seputar perkembangan BlankOn. Sisanya pukul 10.30-18.00 WIB diadakan Lokakarya kilat oleh tim pengembang BlankOn Linux secara paralel dengan konsep pelatihan teknis. Dalam lokakarya ini, peserta diharuskan memilih salah satu tema teknologi sesuai dengan minat dan kompetensinya. Detail acara dan materi lokakarya dapat dilihat lebih lanjut di http://konf2012.blankonlinux.or.id/#acara

Peserta yang hadir berjumlah 119 orang termasuk undangan dan narasumber berasal dari berbagai daerah tanah air. Beberapa diantaranya adalah utusan dari instansi pendidikan (mahasiswa, dosen atau guru), perusahaan, maupun perorangan. Saya melihat antusiasme pengguna BlankOn dan PLBOS lainnya di konferensi ini, meskipun kebanyakan adalah pengguna pemula tetapi semangat belajarnya begitu besar. BlankOn ternyata sudah cukup dikenal oleh masyarakat, terutama di instansi pendidikan. Hal ini saya ketahui setelah berbincang dengan beberapa peserta yang kebanyakan adalah mahasiswa, bahwa kegiatan Kelompok Studi Linux / KSL di kampus mereka sudah terbiasa menggunakan BlankOn.

Secara umum acara BlanKonf #4 ini berjalan lancar, meskipun ada sedikit masalah teknis. Masalah teknis yang paling saya ingat adalah ketika mengikuti Lokakarya yang mengharuskan laptop terhubung ke Wifi untuk mengunduh paket dan berkas dari server lokal. Ternyata beberapa peserta termasuk saya, tidak bisa terhubung ke jaringan dikarenakan laptopnya menggunakan chip wireless dari Broadcom yang notabene masih belum terdeteksi dengan baik di BlankOn. Selebihnya mengenai materi acara, nara sumber, panitia dan tempat acara beserta kudapannya sudah sangat bagus! Konsepnya bisa dijadikan rujukan untuk BlanKonf tahun depan 😀

Oh iya untuk kenang-kenangan, berikut foto-foto saat BlanKonf #4 berlangsung :

BlanKonf#4

Advertisements
About

I'm not a geek, nor a techie

Posted in Event, GNU/Linux
One comment on “Ulasan Konferensi BlankOn Linux ke-4 (BlanKonf #4)
  1. Sudah cukup lama saya absen dari acara-acara komunitas Linux, termasuk sudah tidak mengikuti milis-milis mereka, alhasil acara seperti ini akan menarik dihadiri. Bonus tambahan: sejumlah pesohor Linux Indonesia disebut mengisi acara di sana, dari sisi pengguna akhir, pengembang, hingga pelaku bisnis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: