[Rekap] Seminar Technical Training dari Microchip

Bertempat di Pullman Hotel Jakarta pada Selasa 4 September 2012 yang lalu, Microchip mengadakan seminar teknis tentang produk mereka yang bertema “Control Your Embedded Design Cost: Simplify, Reduce, Reuse”. Pembicara dalam seminar ini adalah dari staf Microchip perwakilan Singapura. Acara ini bersifat gratis, peserta seminar cukup melakukan registrasi melalui website Microchip. Para peserta yang hadir terdiri dari berbagai profesi yaitu peneliti, dosen, profesional, hobies, sampai pengusaha teknologi.

Seminar Microchip

Seminar Microchip

Seminar ini terdiri dari 1 sesi perkenalan perusahaan Microchip dan 3 sesi presentasi inti. Presentasi inti tersebut membahas antara lain :

0. Membuat aplikasi level pemula yang menggunakan tombol sentuh, LCD, LED, memiliki baterai tahan lama.
Pada kasus ini diambil contoh pembuatan remote control. Desain remote control yang awalnya kaku hanya berupa tombol-tombol, diubah menjadi tombol sentuh menggunakan proximity sensor dan memiliki indikator penampil yang menarik. Manajemen sumber daya baterai menggunakan IC MCP1640 yang menghasilkan output daya yang hemat.

1. Menambahkan fitur kinerja Remote Control, Touchscreen, Wireless RF, dan port USB
Penambahan beberapa fitur pada remote control yang akan meningkatkan kinerja, yaitu touchscreen yang bisa menampilkan tombol dan grafis untuk monitoring kondisi pada obyek, wireless RF untuk komunikasi dengan obyek yang tidak dibatasi line-of-sight, dan port USB untuk konfigurasi remote control atau untuk mendownload firmware yang diperlukan.

2. Menambahkan fitur baru: Wifi, display lebih besar, dan real time clock.
Pada penambahan fitur Wifi berfungsi untuk komunikasi dengan obyek yang dikendalikan dalam jarak yang lebih jauh. Penambahan display lebih besar memungkinkan untuk tampilan grafis yang lebih interaktif. Real time clock berguna untuk menampilkan waktu pada saat itu.

Ada banyak perangkat pengembangan (development tools) dari Microchip untuk mendukung pembuatan suatu peralatan elektronik, mulai dari hardware maupun software. Silakan kunjungi website yang bersangkutan untuk lebih jelasnya.

Oh iya, pada seminar ini juga disediakan perangkat pengembangan dari Microchip yaitu seri One PIC Development kit. Peserta cukup membayar Rp.195.000,00 untuk 1 paketnya, di dalamnya terdapat PIC Board termasuk baterai, PICKit 3 Debugger, CD Software, dan buku manual.

Semoga produsen yang lain segera menyusul untuk mengadakan acara serupa di Indonesia :).

Advertisements
About

I'm not a geek, nor a techie

Posted in Event

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: