Perjalanan Inspiratif ke Malang

Sebenarnya keinginan untuk ketemu dengan teman saya dari Malang ini sudah ada sejak lama. Tetapi baru kesampaian pada 15-16 September 2012 kemarin. Kami kenal melalui milis diskusi mikrokontroler pada 2005 yang lalu. Saat itu belum banyak adanya media sosial ( twitter, facebook, plurk, dll), jadi kami berkomunikasi dengan YM atau diskusi panjang lebar dengan berkirim surat elektronik / email. Saya biasa memanggilnya dengan sebutan Pak, karena memang dia lebih tua.

Saya berangkat ke Malang dari Stasiun Senen dengan KA bisnis hari jumat sore dan sampai stasiun Malang pagi hari. Ternyata sudah dijemput teman saya, sempat agak ragu pada awalnya karena ini adalah pertemuan kami yang pertama. Setelah saling sapa akhirnya kami yakin bahwa kami kenal satu sama lain. Langsung kami menuju kantornya yang berupa ruko bertingkat, ada 5 ruko yang disewa untuk kantornya. Tibalah di suatu ruangan yang di pintunya tertulis “Direktur”, barulah saya dipersilahkan masuk. Kami mengobrol dan berdiskusi tentang entrepreneurship terutama yang berkaitan dengan teknologi. Sampai pada saat dia menceritakan kisahnya membangun usaha dari awal, ceritanya mulai menarik. Dia bercerita bahwa pada tahun-tahun awal pendirian usaha adalah masa prihatin dan kerja keras. Setelah lulus S1 Teknik Elektro dari universitas negeri ternama di kota Malang, dia langsung fokus untuk membangun bisnis teknologi. Baginya, passion dan semangat untuk mewujudkan visi adalah modal utama. Awalnya tim hanya berjumlah 4 orang yang saat itu fokus di sistem embedded, dia sebagai pimpinan atau bahasa kerennya CEO. Tempat usahanya pun berupa kontrakan sederhana dengan peralatan pendukung seadanya, katanya yang penting memaksimalkan aset. Setelah berjalan selama 4 tahun, sekarang usahanya berkembang pesat dengan jumlah karyawan 50 orang. Sudah membentuk perusahaan induk (Holding) yang membawahi 4 anak perusahaan yaitu Teknologi Informasi, Sistem Embedded, Konsultan Manajemen, dan Perdagangan Umum. Kliennya mayoritas perusahaan swasta besar yang ada di Jakarta dan kota lain di tanah air.

Pada akhir diskusi, ada beberapa petuah dan saran darinya kepada saya tentang cara membangun bisnis teknologi agar cepat berkembang :
– Tidak ada waktu ideal untuk memulai bisnis.
Jika kita bercita-cita ingin membangun bisnis, waktu yang tepat adalah sekarang juga! Terlalu lama mengulur waktu dengan alasan “Cari pengalaman dulu”,”cari modal dulu”, dan alasan pengecut lainnya hanya akan membuang waktu saja. Waktu yang seharusnya digunakan untuk mengembangkan usaha kita, tetapi malah terbuang untuk jadi buruh di perusahaan orang lain.

– Ikuti hasrat hati nurani dan komitmen pada visi, maka uang pun akan mengikuti.
Bekerja sesuai hasrat hati nurani / passion akan membuat kita ikhlas dan menikmati pekerjaan, bahkan dalam kondisi buruk sekalipun. Komitmen atas apa yang kita cita-citakan ke depan, maka usaha berkembang cepat dan rezeki pun akan mengalir.

– Cari partner yang memiliki visi dan jiwa yang sama.
Hal ini sangat penting, karena dengan mendapat partner dengan visi yang sama akan mudah dalam menyamakan pendapat untuk mengambil keputusan dalam perusahaan. Jika visi dan jiwanya sudah beda, maka bisa dipastikan usahanya akan berjalan lambat atau bahkan bubar.

– Tidak ada Super Man, adanya Super Team.
Kita memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cara supaya bisa berkembang adalah dengan bekerja sama. Untuk itu, diperlukan sebuah tim yang saling membantu satu sama lain.

– Menciptakan produk yang unik, berbeda dengan yang lain.
Untuk bisa menarik perhatian pasar atau pelanggan, maka harus menciptakan produk yang berbeda dengan yang lain. Berbeda di sini dalam artian memiliki nilai tambah.

Kalau dipikir-pikir benar juga petuah di atas itu. Saya jadi teringat postingan jadul yang pernah saya tulis ini. Mumpung masih muda, masih semangat berusaha, masih belum banyak tanggungan hidup, dan masih banyak ide yang harus dieksekusi, alangkah baiknya kalau bisnis itu dimulai sekarang juga.

Ya, sekarang juga! tunggu apalagi? 🙂

Advertisements
About

I'm not a geek, nor a techie

Posted in Entrepreneurship

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: