Saatnya Beralih ke Energi Terbarukan

Melambungnya harga minyak mentah dunia akhir-akhir ini berdampak buruk pada aktivitas perekonomian berbagai negara, tidak terkecuali di Indonesia. Hal tersebut bisa dimaklumi karena sebagian besar aktifitas penduduk di indonesia masih bergantung kepada peralatan yang menggunakan bahan bakar minyak. Oleh sebab itu, peralihan dari penggunaan bahan bakar minyak ke sumber energi terbarukan / renewable energy mutlak dilakukan. Beberapa teknologi alternatif yang dapat diaplikasikan untuk menghasilkan sumber energi terbarukan di indonesia diantaranya adalah sel surya, kincir angin dan mikro hidro. 

Bagi para pelaku UKM atau StartUp, dari beberapa opsi teknologi alternatif di atas yang paling besar peluangnya untuk dilakukan pengembangan produk adalah teknologi sel surya / solar cell. Teknologi sel surya lebih ramah lingkungan karena tidak berisik, bebas polusi, dan fleksibel dalam aplikasinya. Indonesia yang berada di garis khatulistiwa mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk diubah menjadi energi listrik dengan sel surya, minimal untuk skala rumah tangga. Badan Litbang ESDM telah merumuskan kebijakan tentang produksi dan manufaktur teknologi sel surya bagi para pelaku usaha, lebih lengkapnya dapat dilihat di sini.

Selain beberapa faktor pendukung, terdapat juga faktor penghambat dalam pengembangan teknologi sel surya salah satunya adalah masalah harga per modul. Biaya manufaktur dan bahan baku yang masih mahal menyebabkan harga jual juga membengkak. Berdasarkan artikel ini http://gigaom.com/cleantech/chart-the-death-spiral-of-solar-bankruptcies-counting/ disebutkan bahwa sudah banyak perusahan bidang manufaktur dan solusi sel surya yang bangkrut di Eropa dan Amerika, kebanyakan adalah StartUp. Nah, menurut saya ini adalah tantangan besar bagi pelaku usaha di indonesia bagaimana menemukan solusi untuk bisa memproduksi dan berinovasi dalam bisnis sel surya dengan harga yang terjangkau.

Anda tertantang?

Advertisements
About

I'm not a geek, nor a techie

Posted in Entrepreneurship

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: