[Rekap] Acara Kopdar #1 Komunitas Mikrokontroler (Mikropop)

Beberapa bulan terakhir ini saya tidak sempat menulis blog, selalu saja ada kepentingan lain. Tulisan ini menjadi postingan blog yang pertama di tahun 2011, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Sabtu tanggal 23 Juli 2011 kemarin bertempat di Hertz Electronic Institute, Jl. Ketapang Utara No 59 Jakarta, Komunitas Mikrokontroler Populer (Mikropop) mengadakan Kopi Darat pertama / Kopdar #1 sesama anggotanya. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari usulan para anggota di mailing list Mikropop agar bisa saling berbagi ilmu secara langsung, baik dengan perangkat keras maupun dengan perangkat lunak mikrokontroler. Jumlah anggota yang hadir di Kopdar #1 Mikropop ini dari daftar awal adalah 20 orang, namun yang bisa hadir 16 orang. Kopdar dimulai pukul 09.00 – 16.00, dengan istirahat untuk Ishoma pukul 12.30 – 13.30.

Acara pada Kopdar tersebut meliputi :

  1. Perkenalan antar anggota Mikropop.
  2. Diskusi tentang teknologi robotika. Materi diskusi dibawakan oleh Bapak Hardy, mengulas tentang Rovio, sebuah robot beroda  yang bisa dikendalikan via Wifi dengan PC, Mac, dan smartphone. Lebih jauh tentang Rovio bisa dipelajari di sini :   http://www.wowwee.com/en/support/rovio
  3. Pengenalan Mikrokontroler Motorola seri 68HC, materi masih dibawakan oleh Bapak Hardy. Materi ini lebih teknis, mengulas tentang arsitektur Harvard dan Von Neuman, ICE (In-Circuit Emulator) dan Non-ICE, serta prinsip Debugger.

    Pengenalan Motorola 68HC

    Pengenalan Motorola 68HC

  4. Demo pemrograman dan debugging Mikrokontroler Motorola 68HC dengan menghidupkan LED, oleh Bapak Hardy. Terdapat relay yang merupakan bagian dari rangkaian proses komunikasi dari komputer ke mikrokontroler. Relay itu berguna untuk discharge tegangan di mikrokontroler agar jatuh dibawah 0.1 v untuk semua pin agar bisa di coba untuk kontak.
    Demo Motorola 68HC

    Demo Motorola 68HC


  5. Demo Kit dari Luminary Micro yang memiliki arsitektur ARM-Cortex M3 oleh Bapak Aswad aka soliton. Pada demo ini diperlihatkan kit mikrokontroler terintegrasi dengan display OLED (Organic Light Emiting Diode) yang bisa menampilkan game pesawat yang dikembangkan dengan bahasa C.

    Demo OLED kit ARM-Cortex M3

    Demo OLED kit ARM-Cortex M3

  6. Demo kit dari mbed LXP LPC1768 arsitektur ARM-Cortex M3 oleh Bapak Aswad. Kit mikrokontrolernya unik karena kompilasi kode sumber/source code secara online di situs http://mbed.org/handbook/Compiler-Tour
  7. Presentasi tentang FlowCode dari perangkat lunak Matrix Multimedia oleh Bapak Unggul. FlowCode memungkinkan bagi pemula di bidang mikrokontroler membuat program dengan mudah, karena hanya dengan metode drag and drop flowchart bisa langsung dikompilasi menjadi file *.hex  yang selanjutnya didownload ke mikrokontroler. Lebih jauh tentang FlowCode silakan mengunjungi situsnya : http://www.matrixmultimedia.com/flowcode.php
Acara Kopdar#1 ini juga dihadiri oleh teman-teman dari komunitas id-python. Awalnya mau sharing/demo tentang bahasa pemrograman python, tetapi karena waktunya tidak mencukupi akhirnya ditunda dan akan dilaksanakan pada Kopdar#2 yang waktunya akan ditentukan kemudian. Kopdar#1 Komunitas Mikrokontroler (Mikropop) ini diharapkan bisa menambah semangat teman-teman yang berkiprah di dunia embedded systems, hobies, maupun bagi yang ingin mengetahui teknologi mikrokontroler.
Sempat juga diskusi dengan anggota mailis, bagaimana jika kedepannya acara Kopdar ini menjadi sebuah Hardware Hackerspaces, tentunya semakin menarik bukan?  🙂
Advertisements
About

I'm not a geek, nor a techie

Posted in Event
10 comments on “[Rekap] Acara Kopdar #1 Komunitas Mikrokontroler (Mikropop)
  1. arca says:

    Salut buat panitia

    Sedih nggak bisa ikut. padahal sudah mengebu-gebu pengen ikut.
    cuma toko nggak bisa ditinggal ada kustomer mendadak ngasih kerjaan mepet.
    anak buah bolos semua.

    mau minta maap di milis malu.

    insya allah kopdar 2 ikut

  2. hardy says:

    cuma koreksi sedikit. di gambar 4 itu relaynya merupakan bagian dari rangkaian proses komunikasi dari pc ke microcontroller. relay itu berguna untuk discharge tegangan di micro agar jatuh dibawah 0.1 v untuk semua pin agar bisa di coba untuk contact. startegi dari hc08 untuk mencegah rapid test untuk menjebol security code.

    kalau buat debugger sederhana, kita perlu matikan dulu tunggu beberapa detik lalau try again.

  3. Dian Agus says:

    mantab, wah semoga Kopdar #2 bisa ikutan om…

  4. Wah mantap! Pengen ikutan kopdar berikutnya pak 😀

  5. Ridwan says:

    pak saya mau tanya ini saya bingung mikrokontrooler MC68HC08AB16A/D dari motorola , dan d tambah saya pengguna mac ini bagaimna saya agar bisa menggunakan nya dan mengaplikasiannya pak ? makasih apa kah adna ada software khusus untuk mac untuk mengoprek mikrokontroller ini? terima kasih

    • Astonix says:

      Maaf, kebetulan saya bukan pengguna mikrokontroler Motorola & bukan pengguna Mac juga, jadi belum bisa memberikan solusi atas masalah tersebut. Coba saja untuk ditanyakan di milis atau forum yang berkaitan 🙂

  6. deddy says:

    selamat siang. mas sya membuat sebuah intrumen bell sekolah yang dikendalikan dengan PC (menggunakan VB), dimana bell tersebut berbunyi 3 x dlam 1 hari, ada bbrapa mslah yg sya hadapi saat ini:
    1. ketika sya simulasikan bbrapa  mingngu, senin s.d jumat, bell trsebut dpt berfungsi sesuai dengan wktu setting. ttpi bell tersbut  tidak berbunyi ktika hri senin brikutnya (jum’at sore bell tersebut terakhir berbunyi, sabtu & mnggu tidak berbunyi krna waktu libur). mslah terbut dpt sya atasi dengan memberi code listing RESET pada VB.
    2. ketika program pada PC meRESET, COMnya sering putus (terkadang bell tersebut berbunyi sesuai dengan settingan kita, ttpi jga muncul perintah “5 ACCESS TO THE PORT COM 11 IS DENIED”). padahal sebelumnya telah disetting pada COM 11.
    Mohon bantuannya mas.

    • astonix says:

      Mas Deddy, jika dilihat dari pesan error nya kemungkinan besar masalahnya ada pada port komunikasi. Apakah anda memakai port serial (RS232) untuk transfer data nya? Coba cek lagi koneksi kabel serialnya apakah tidak ada yang kendor. Lalu di VB biasanya ada komponen “COM” untuk antarmuka komunikasi PC ke peripheral luar. Nah, coba settingannya dicek juga: baudrate, databit, odd/even, parity nya sudah benar apa belum.

      Itu saja sih dari saya, semoga membantu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: