Ubuntu Intrepid Ibex di HP Compaq CQ40

Setelah penantian beberapa bulan, akhirnya kesampaian juga untuk membeli sebuah NoteBook HP COMPAQ Presario CQ 40 yang saya beli di hari spesial. Seri ini menggunakan prosesor AMD Turion X2 64.

Saya coba untuk menginstal “Penguin” di dalamnya, mulai dari beberapa percobaan :

Pertama : Distro Nusantara 3 RC 10

Distro ini saya dapatkan di InfoLinux edisi November 2008. Saya tertarik menggunakannya karena sudah kernel 2.6.25.14 dan memiliki dukungan terhadap Bluetooth. Saya coba langsung boot dari DVD, tapi di tengah instalasi prosesnya berhenti lama sekali. Saya coba ulangi untuk boot lagi, tetapi hal yang sama terjadi lagi. Merasa gagal, saya coba saja distro lainnya.

Kedua : Distro Kuliax 6.0

Distro yang saya dapatkan dari mas stwn ini masih kusimpan sejak masih kuliah dulu. Penasaran saya coba menginstalnya, ternyata nasibnya sama dengan Nusantara 3. Proses instalasi berhenti di tengah dan muncul pesan :

“ Sorry. Cannot find kuliax filesystems, dropping you to a very limited shell “

Ketiga : Distro Ubuntu 5.10

Distro ini saya coba, karena ya memang koleksi CD Linux saya cuma tinggal ini heheh….. :). Proses instalasi terdapat masalah saat deteksi DVD RW, distro ini tidak mendeteksi DVD nya.

Keempat : Distro Fedora Core 8 dan CentOS 5.1

Proses instalasi distro ini berjalan sukses di Notebook saya. Tetapi terdapat masalah dalam deteksi soundcard, Consolekits dan PulseAudio tidak jalan dengan baik.

Kelima : Ubuntu 8.10 a.k.a Intrepid Ibex

mydesktop

Mendapat saran dari teman, saya coba distro ini karena menurut teman-teman yang telah mencobanya distro ini memiliki deteksi hardware yang baik. Instalasi dan konfigurasi berjalan dengan lancar dan sukses pada Notebook ini. Deteksi soundcard, wiFi, dan Bluetooth pun berhasil dengan baik. Namun, software multimedia seperti RythmBox dan Movie Player tidak sanggup menjalankan file MP3 dan MPEG yang merupakan format standar file audio dan video. Fitur Compiz Fusion yang saya idam-idamkan pun juga tidak bisa berjalan dikarenakan belum diinstalnya driver VGA ATI. Sampai saat ini saya pun sedang berusaha untuk mencari driver dan Software multimedia alternatif lainnya.

Ada yang bisa membantu saya ? 😉

*Pembaruan : Solusi driver VGA sudah saya temukan, dan saya tulis di sini.

 

About

I'm not a geek, nor a techie

Posted in FOSS, GNU/Linux
4 comments on “Ubuntu Intrepid Ibex di HP Compaq CQ40
  1. Telur_M says:

    ooh itu tho yg namanya leppy…,bikin jelous aja halaghh huahhaa…hohohoho…
    Alhamdulillah kado di hari ultahnya muahal juga ya mas hehehe…
    Gmn…skrg pasti dah ketemu solusinya bener tak mas..:) atau blm nih..hmmm..boleh2 ty2 ke aku huahhaa sokteu aza nih secara baru tau program kompi…tak ajarin ya..kalo dah tau filosofi linux..,menarik sekali belajar program kompi…matur nuhun…mas aston

  2. Astonix says:

    @Telur_M
    Jazaakallah dah mampir 🙂
    Alhamdulillah dah dapet solusinya kok, hasil experimen ajah.

  3. anak baik says:

    klo untuk ATI “ati-driver-installer-9-4-x86.x86_64.run” tu nama sopwer ny…cari ja di google..
    instal nya lewat terminal dengan “super-user”

    su {password}
    ./ati-driver-installer-9-4-x86.x86_64.run

    compaq nih ng da blutoth ny ya?…klo da ksih lah driver ny..

    trus klo jalan di fedora 8 cara aktivin wifi nya gimana..

    aq ng bisa pkek wifi nya..

    klotuk codec mp3,videonya kan bisa dicari..

Leave a Reply

